Popular Post

Posted by : Yuuki Sabtu, 04 Maret 2017



Hai guys WLCOME TO MY BLOG ^_^ disini gua mau ngejelasin tentang genre musik yang paling gua suka yaitu MUSIK ROCK :D gua suka musik rock itu karena musik rock itu bisa ngebuat gua jadi semangat (mungkin) :v oke langsung aja deh :v gausah basa- basi gajelas :v yoossshh di simak ya :D 



Musik rok (bahasa Inggrisrock) adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun '50-an. Akarnya berasal darirhythm and bluesmusik country dari tahun '40 dan '50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rok juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.
Bunyi khas dari musik rok sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengangitar bass dan drum, dan kibor seperti organpiano atau sejak '70-an,synthesizer. Di samping gitar atau kibor, saksofon dan harmonika bergaya blues kadang digunakan sebagai instrumen musik solo. Dalam bentuk murninya, musik rok "mempunyai tiga chords, backbeat yang konsisten dan mencolok dan melodi yang menarik".

Sejarah Musik Rock

Pada akhir tahun '60-an dan awal '70-an, musik rok berkembang menjadi beberapa jenis. Yang bercampur dengan musik folk (musik daerah di Amerika) menjadi folk rock, dengan blues menjadi blues-rock dan dengan jazz, menjadijazz-rock fusion. Pada tahun '70-an, rock menggabungkan pengaruh dari soul,funk, dan musik latin. Juga pada tahun '70-an, rock berkembang menjadi berbagai subgenre (subkategori) seperti soft rockglam rockheavy metal,hard rockprogressive rock, dan punk rock. Subkategori rock yang mencuat pada tahun '80-an termasuk New Wavehardcore punk, dan alternative rock. Pada tahun '90-an terdapat grungeBritpopindie rock dan nu metal
Dasar dari musik rok adalah rock and roll, yang berasal dari Amerika Serikat selama akhir 1940an dan awal 1950an, dan dengan cepat menyebar ke penjuru dunia. Genre ini berasal dari musik kulit hitam yang beragam pada waktu itu, termasukrhythym and blues dan musik rohani, dengan country and western. Pada tahun 1951, DJ asal Cleveland, Ohio Alan Freedmulai memainkan musik rhythym and blues untuk para penonton multi-ras, dan disebut sebagai yang pertama menggunakan frase “rock and roll” untuk menjelaskan musik ini.
A black and white photograph of Elvis Presley standing between two sets of bars
Elvis Presley pada sesi pemotretan promosional untuk film Jailhouse Rockpada tahun 1957
Rock and roll sering dilihat sebagai pemimpin untuk beberapa sub-genre, termasuk rockabilly, menggabungkan unsur rock and roll dengan musik country “hillbilly”, di mana biasanya dimainkan dan direkam pada pertengahan 1950an oleh penyanyi kulit putih seperti Carl Perkins, Jerry Lee Lewis, Buddy Holly dan dengan sukses komersial yang terbaik, Elvis Presley.Sebaliknya doo wop menempatkan vokal harmoni berganda dan backing lirik yang tidak mempunyai arti apa-apa (dari sinilah nama genre ini berasal), yang umumnya diisi dengan instrumentasi yang ringan berasal dari grup vokal Afrika-Amerika pada 1930an dan 1940an. Artis seperti The CrowsThe PenguinsThe El Dorados, dan The Turbanssemuanya mencetak hits, dan grup seperti The Platters, dengan lagu “The Great Pretender” (1955), dan The Coastersdengan lagu humoris seperti “Yakety Yak” (1958), diberi peringkat sebagai artis rock and roll yang paling sukses pada waktu itu.
Era ini juga melihat pertumbuhan popularitas gitar listrik, dan perkembangan yang spesifik terhadap gaya bermain rock and roll melalui artis seperti Chuck Berry, Link Wray, dan Scotty Moore.Penggunaan efek distorsi, dikembangkan oleh gitariselectric blues seperti Guitar Slim, Willie Johnson dan Pat Hare pada awal 1950an, dan dipopulerkan oleh Chuck Berry pada pertengahan 1950an. Penggunaan power chord, dikembangkan oleh Willie Johnson dan Pat Hare pada awal 1950an, dan dipopulerkan oleh Link Wray pada akhir 1950an

.Macam – Macam Musik Rock :

  1. Progresive Rock, jenis musik rock yg mulai berkembang pada akhir dekade 60’an dan mencapai masa jayanya di tahun 70’an. Jenis musik rock ini, menggabungkan elemen-elemen dari musik Rock, Jazz, dan Klasik.
  2. Hard Rock, subgenre musik rock yg berakar dari aliran musik Psychedelic Rock dan Garage Rock, yg berasal pada pertengahan tahun 60’an. Ciri khas musik ini adalah penambahan efek distorsi pada suara gitar listrik, bass, dan drum. Distorsi antara lain ditambahkan dengan bantuan pedal efek, penguat awal (preamp), dan pengeras suara.
  3. Punk Rock, gerakan musik rock Anti-Establishment yg berasal dari Amerika Serikat, Australia, dan Inggris sekitar tahun 70’an. Musik ini dipelopori oleh kelompok-kelompok seperti Ramones, Sex Pistols, The Damned, dan The Clash.
  4. Heave Metal, sebuah aliran musik rock yg berkembang pada tahun 70’an. Aliran musik ini mengutamakan gitar yg cukup banyak.
  5. Speed Metal, genre musik yg muncul di akhir tahun 70’an dan merupakan pendahulu dari aliran musik Trash Metal. Speed Metal merupakan versi lebih cepat dari musik yg dimainkan oleh Black Sabbath, Led Zeppelin, dan Deep Purple. Musik ini mulai terkenal lewat band-band NWOBHM (New Wave of British Heave Metal). Banyak band Speed Metal juga dapat disebut band Trash Metal danPower Metal.
  6. Death Metal, sebuah subgenre dari musik Heave Metal yg berkembang dari Trash Metal pada awal tahun 80’an. Beberapa ciri khasnya adalah lirik lagu yg bertemakan kekerasan atau kematian, ritme gitar rendah (downtuned rhythm guitars), perkusi yg cepat, dan intensitas dinamis. Vokal biasanya dinyanyikan dengan gerutuan (death grunt) atau geraman (death grawl). Teknik menyanyi seperti ini juga sering disebut “Coockie Monster Vocals”.
  7. Black Metal, diawali oleh band Venom pada tahun 80’an lewat album berjudul “Black Metal”. . Jenis musik metal ini juga termasuk jenis Metal Underground. Pada masa-masa kejayaannya, aliran musik Black Metal mempunyai komunitas bernama NZBM (Neo Nazi Black Metal). Komunitas tersebut termasuk yg berpengaruh di komunitas Metal Underground.

Musisi 

1. Avenged sevenfold


2. The Rolling Stones


3. The Beatles


4. Metalica

sekian penjelasan tentang musik rock ^_^ semoga bermanfaat bagi kalian :D maaf kalo masih banyak keurangan :D silahkan masukan saran dan kritik kalian ya :) di komentar postingan ini atau di postingan yang lain ^_^ Terimakasih :) 

sekian dan terima gaji :v wkwwk
diambil dari beberapa sumber : nih sumbernya :v 





Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Newbie - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -